Slider

Islam Menjawab

Nabi Muhammad SAW

Islam Bertanya

Perjanjian Baru

Perjanjian Lama

Perjanjian Terakhir

Dialog Islam Kristen

» » Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Ka'bah


Ka'bah adalah kiblat umat Islam di seluruh dunia yang ditentukan oleh Allah melalui firman-Nya dalam QS. Al-Baqarah[2]: 142-145. Kata kiblat berasal dari bahasa Arab al-qiblah, yang berarti arah. Namun seiring dengan berjalannya waktu, sekalipun makna al-qiblah sendiri tetap tidak berobah, yaitu arah, akan tetapi dewasa ini kata al-qiblah lebih populer sebagai sebutan untuk Ka’bah.  

Berangkat dari arti al-qiblah dan firman Allah Subhanahu wa ta'ala dalam QS Al-Baqarah[2] 142-145 sendiri, tentunya sangat mudah untuk dimengerti bahwa fungsi Ka'bah bagi umat Islam adalah arah menghadap, khususnya ketika melaksanakan shalat.

Oleh karenanya, menjadi sangat aneh (dan menggelikan) jika masih ada saja nalar umat tetangga yang tidak mampu mencerna maksud penjelasan singkat di atas sehingga selama hidupnya masih tetap mengira umat islam yang shalat menghadap Ka'bah dianggap sama artinya dengan sedang menyembah Ka'bah!

Jadi supaya kejahiliyahan (dari bahasa Arab, artinya ketololan) itu terobati, berikut ini ada sedikit penjelasan tantang Ka'bah.

Semoga berguna.


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post
Comments
0 Comments

No comments:

Leave a Reply